Mulai Bisnis Tanpa Modal, Emang Bisa?

bisnis tanpa modal

Pengusaha Sandiaga Uno mengatakan, modal tak jadi halangan untuk bisa memulai usaha. Kalau dulu kan sepertinya hidup seseorang sudah ada garisnya tuh, lahir, sekolah, lulus, cari kerja, kumpulin modal untuk membuka perusahaan yang mainstream.

bisnis tanpa modal

Sedangkan bagi yang hobi fotografi, mengapa tidak menjual hasil foto-foto Anda di situs-situs seperti Shutterstock? Anda juga bisa menggagas jasa freelance foto buat berbagai event seperti perkawinan atau ulang tahun. Di setiap kecurangan tercatat secara computer digital di dunia maya serta dapat diketahui masyarakat raya di media sosial. Dapatkan pos pengeluaran yang mampu Anda kurangi agar bukan terjadi pengeluaran yang mengecewakan.

Solopos. com, JAKARTA — Bisnis makanan penutup tumbuh menjadi tren populer dalam dekade terakhir. Pertumbuhan bisnis makanan penutup yang dikemas rapi alias dessert box bahkan dipercepat oleh datangnya agen judi bola pandemi virus corona jenis baru pemicu Covid-19. Solopos. com, SOLO–Harga kacang kedelai yang terus naik membuat produsen tahu dan tempe mengurangi bahan baku produksi tempe atau ukuran produk tahu.

Jananan SD yang sering dijual di sekolah-sekolah dasar juga bisa jadi ide menarik. Terlebih banyak orang yang semakin merindukan jajanan-jajanan lawas itu, seperti cilor, maklor, telur gulung, hingga siomai, dan batagor. Dengan demikian, kata Sandi, setelah memiliki permodalan yang cukup maka bisa mulai melakukan inovasi untuk membuat produk sendiri. Kemudian, jika pemasaran lewat whatsapp sudah cukup baik, maka bisa naik ke tahap pemasaran lewat instagram untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di media sosial. Sesudahnya, bisa jadi reseller atau droshipper online untuk menekan modal, dan langkah ini hanya butuh 5 menit. Sandiaga Uno menyebutnya dengan metode ‘capcuss’, yakni akronim dari cara cepat satu jam buka usaha nggak pakai modal. Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno membagikan kiat membangun bisnis dengan modal kecil.

Kalau sekarang ya semua bisa di-uangkan lah istilahnya, ” ujar Nanda selaku warga Gading Serpong. Bagi yang punya skill menulis, Anda bisa membuka jasa menulis artikel yang saat ini banyak dibutuhkan perusahaan. Anda yang jago desain grafis bisa membantu brand atau perusahaan untuk merancang desain terbaik untuk content marketing mereka.

Pengrajin sulit menaikkan harga penjualan produk tahu dan tempe saat daya beli masyarakat rendah. Solopos. com, SOLO—Dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan daya beli masyarakat menurun dan tidak berani belanja keluar rumah sepanjang 2020. Solopos. com, SOLO – Beberapa waktu terakhir bahkan beberapa waktu yang akan datang, kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama pandemi virus Covid-19 belum berakhir. Kita tidak dapat mengontrol apa yang terjadi di luar sana, namun setidaknya kita bisa mengontrol ruangan di dalam rumah kita.

Setiap jenis bisnis juga memiliki kebutuhan pembiayaan yang berbeda. Drew Geber, pendiri perusahaan perencanaan dan komunikasi massa Wasabi Publicity, memperkirakan bahwa seorang wirausahawan membutuhkan dana setidaknya untuk enam bulan ke depan.