Redovisning Syariah Merespon Perkembangan Redovisning Digital

perkembangan ekonomi digital

Pertumbuhan penggunaan dollar elektronik tersebut ditunjukkan melalui peningkatan jumlah uang navigation beredar dan volume jua nominal transaksi uang navigation. Per April 2020, kuantitas uang elektronik beredar sampai pada Rp 412 juta, naik dari Rp 292 juta pada keseluruhan tahun 2019. Sementara jumlah transaksinya selakuala, menurut, nominal per 2019 seperti Rp 145 triliun melalui volume 5 miliar. Ini, Menkeu mengatakan bahwa buat memunculkan potensi ekonomi electronic digital di Indonesia maka penting adanya regulasi proteksi lalu policy yang mendukung, salah satu halnya adalah rule mengenai perlindungan data konsumen. Hal ini disebut Menkeu sebagai hal yang amat penting karena perkembangan info konsumen seiring dengan pengembangan ekonomi digital harus betul dijamin keamanannya. Gubernur Standard bank Indonesia, Perry Warjiyo menyatakan pihaknya selaku regulator berjanji untuk memajukan ekonomi moneter digital di Indonesia. Salah satunya dengan mendorong pengembangan industri financial technology dalam Tanah Air.

perkembangan ekonomi digital

“Go-Pay hadir sebagai jembatan menuju inklusi keuangan, seperti platform untuk menjangkau segmen unbanked, kolaborasi yang kuat dengan penyedia jasa keuangan, perbankan, dan regulator, serta tangga untuk UMKM naik level, ” ujar Budi Gandasoebrata. Peluang ekonomi dan keuangan digital, antara lain menumbuhkan inovasi, entrepreneurship & pertumbuhan ekonomi, memperluas akses yang lebih besar terutama pada inklusi keuangan dan UMKM, identitas digital yang dapat meningkatan layanan sosial dan publik menjadi lebih baik, dan terjangkau. Kehadiran teknologi baru memperluas kesempatan untuk memberikan layanan yang lebih terjangkau, lebih cepat dan lebih baik. Erwin Haryono selaku Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembiayaan Bank Indonesia, menyampaikan pengertian ekonomi digital luas, namun fokus pada inovasi teknologi yang mempengaruhi pekerjaan ekonomi dan sosial untuk masyarakat. Sudah terjadi semenjak industrial revolution 3. zero dan akan semakin meluas pada Industri 4. zero akibat teknologi baru dalam memadukan fisik, digital lalu biologi. Melihat data pengembangan fintech yang pesat each April 2020 jumlahnya sampai pada 350 fintech dengan volume level transaksi 32, 42 miliar dolar AS pada 2019. Diproyeksi pada 2020 nilainya mencapai 38, 02 miliar dolar AS dan 55 miliar dolar AS di 2023.

Pada kesempatan itu, Menkeu juga sepakat bahwa sebenarnya Covid-19 juga memberikan peluang untuk terus mengembangkan transformasi digital. Menkeu menyebut bahwa dalam situasi pandemi ini, kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun kampus dilaksanakan secara digital. Maka, pemerintah merespon dengan memberikan subsidi internet untuk para siswa maupun mahasiswa. Hampir 61 juta siswa dan santri mendapatkan subsidi internet agar mereka tetap bisa mengikuti kegiatan belajar secara daring. Sementara itu, bantuan untuk pembayaran internet juga diberikan kepada para mahasiswa. Lalu, pemerintah juga memberikan bantuan pembayaran internet untuk tenaga pengajar untuk 3, 5 juta guru dan 258 ribu dosen.

Itu sama melalui 64, 8 persen untuk keseluruhan total penduduk Dalam negri yaitu 264, 16 juta jiwa. Bahkan, pada 2019 Google menobatkan Indonesia pelosok dengan nilai ekonomi electronic digital terbesar di Asia Tenggara dengan valuasi 40 miliar dolar AS atau Rp 566 triliun. “Pada time ekonomi digital, penggunaan teknologi sudah menjadi keniscayaan buat meningkatkan pengelolaan data lalu informasi, mendorong keunggulan kompetitif perusahaan, ” ujar Pimpinan Pemasaran UII tersebut. Dalam negri harus belajar dari Tiongkok yang sudah meluncurkan Five Year Plan for the Development of e- Commerce pada tahun 2011. Dalam waktu tiga tahun, volume transaksi bisnis e-commerce Tiongkok sudah mencapai 10, 1 persen dari total penjualan ritel dengan angka mencapai USD 426.

Salah satunya Bank Mandiri, yang memilih berinvestasi dalam sejumlah perusahaan rintisan fintech, sektor yang sebelumnya dicemaskan menggerus pasar perbankan. Dalam negri perlahan-lahan berjalan menuju ekosistem ekonomi digital terbesar dalam Asia Tenggara. Dua setahun lalu, orang yang berbelanja online baru 7, some juta jiwa dengan bisnis Rp 48 triliun. Biar belum diketahui persisnya, taksiran total transaksi tahun di sini. mencapai Rp 95, forty-eight triliun. Berbagai upaya ini sangat diperlukan untuk tetap ditumbuhkembangkan mengingat ekonomi electronic digital di Indonesia sejauh di sini. sudah menumbuhkan dan menopang UMKM di Indonesia. Selain itu, menurut data Planet Market Monitor, ekonomi electronic digital diproyeksi menyumbang USD one hundred fifty five miliar atau 9, a few persen terhadap produk domestik bruto Indonesia pada 2025. Sumbangan itu terdiri arah peningkatan lapangan kerja senilai 35 miliar dolar SINCE atau 2, 1 persen PDB serta mendorong produktivitas 120 miliar dolar SINCE atau 7, 4 persen PDB.

Melihat perkembangan e-commerce di Tiongkok, maka kemungkinan hal yang sama dapat terjadi di Indonesia begitu besar karena Indonesia dan Tiongkok memiliki karakter yang sama. Melihat prospek ekonomi digital yang begitu menjanjikan, wajar adanya jika saat ini pemerintah berusaha mempertahankan dan meningkatkan kelancaran arus perdagangan meskipun tidak semudah dan selancar sebelum ada pandemic covid-19. Namun, kerjasama ekonomi digital ini harus terus relevan dilakukan dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19, dengan berbagai upaya peningkatan fasilitas perdagangan. Itu artinya, Indonesia memiliki peluang ekonomi digital yang bisa dibilang sangat menjanjikan.

Wajar adanya jika akhirnya saat itu pemerintah mengeluarkan paket ekonomi digital dengan membuat mind map ekonomi digital melalui Peraturan Menteri Kominfo No . 10/2018. Inilah peta jalan e-commerce sebagai bentuk dorongan SDM untuk dapat memahami dan meningkatkan keterampilan togel singapore mengenai digitalisasi. Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, dalam rangka memasuki digital 4. 0, pemerintah memberikan beasiswa 20. 000 anak-anak muda untuk mengikuti pelatihan mengenai big data, cyber security, artificial intelligence, dan lainnya.

Pertumbuhan peran sektor dasar terhadap ekonomi yang terus berkurang dan sektor jasa terus meningkat menjadi indikasi kuat urgensi pengembangan ekonomi digital sebagai “wajah baru” ekonomi Indonesia. Budi Gandasoebrata selaku Managing Director Go-Pay menyambungkan bahwa dengan teknlogi, kita mampu memanfaatkan untuk meningkatkan sektor pertumbuhan ekonomi di masyarakat, karena masyarakat dalam akses ke teknologi sangat tinggi.

Misalnya yang terkait pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, pendidikan dan sumber daya manusia, sistem logistik, infrastruktur komunikasi, keamanan siber, hingga pembentukan manajemen pelaksanaan. “Itu semua menjadikan ekonomi digital sebagai kekuatan baru bagi perekonomian nasional. Hal ini menjadi momentum emas untuk mendorong investasi di sektor ekonomi digital, baik oleh investor dari dalam maupun luar negeri. Untuk mewujudkannya, maka harus ada kerja sama erat antara regulator, korporasi, dan masyarakat, ” kata Ginandjar. Sementara itu, Ginandjar Kartasasmita menyatakan, ekonomi digital telah mengubah pola bisnis, transaksi, dan konsumsi masyarakat karena dinilai lebih efisien dan efektif. Tak heran jika dikatakan bahwa ekonomi digital merupakan ekonomi masa depan, termasuk bagi Indonesia. Disamping pemanfaatan bonus demografi, investasi di bidang information and communication technologies seyogyanya perlu terus ditingkatkan, sehingga sejalan dengan struktur demografis, agar dapat menjadi modal Indonesia memanfaatkan teknologi dan era ekonomi digital untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dari data analisis Ernst & Young, dapat dilihat pertumbuhan nilai penjualan bisnisonlinedi tanah air setiap tahun meningkat 40 persen. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Google dan Temasek, bahwa Asia Tenggara memiliki potensi pasar online yang sangat luar biasa besar untuk bisnis mendatang. Laporan tersebut menyebutkan pasar online di Asia Tenggara mencapai USD 200 miliar atau 2. 647 triliun di tahun 2025. Agar ekonomi dan transformasi digital di Indonesia dapat segera terwujud, Ridwan meminta nantinya dalam membuat PP sektor telekomunikasi, baik dari Kantor Menko Perekonomian maupun Kantor Menkominfo dapat memasukan komitmen pembangunan. Untuk itu, pemerintah tengah menyiapkan berbagai program dan kebijakan yang dapat mendukung pelaksanaan ekonomi digital.